Apa Yang Harus Dipersiapkan Untuk Membuka Usaha Pom Mini?

Untuk membuka usaha pom mini, jelas memerlukan alatnya. Anda bisa mendapatkan alat pertamini / pom mini di bawah ini

⇓⇓⇓


Banyak hal yang berubah seiring dengan perkembangan zaman, terutama dalam bidang tekhnologi. Tekhnologi mengalami perkembangan yang cukup pesat dibandingkan dengan hal yang lain, dimana tekhnologi ini banyak membantu dan mempermudah setiap pekerjaan manusia.

usaha pom mini

Saat ini ada satu tekhnologi berupa alat khusus yang cukup membantu banyak orang – orang di Indonseia, alat ini bernama pom mini / pertamini.

Dulu, berjualan bensin dilakukan secara tradisional, yaitu dengan menggunakan jerigen, botol dan corong yang disimpan pada sebuah rak sederhana yang terbuat dari bambu / kayu.

Pada masanya, cara ini sudah umum dilakukan oleh para penjual bensin dan merupakan cara yang paling efektif .

Sekarang, sudah sangat jarang penjual bensin yang menggunakan cara tradisional tersebut, karena dianggap kurang praktis dan kurang menarik.

Ada banyak penjual bensin yang telah merubah cara berjualannya, yaitu dengan menggunakan alat moderen bernama pom mini / pertamini dan ini adalah cara yang paling efektif digunakan pada saat ini dibandingkan dengan cara tradisional tadi.

Selain efektif, penggunaan alat ini juga cukup menarik, sehingga banyak para pengendara yang lebih memilih mengisi bahan bakar di tempat yang menggunakan pom mini dari pada di tempat yang tidak menggunakannya.

Kita tahu, bahwasanya jumlah kendaraan (terutama sepeda motor) mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Ini menjadi peluang yang menggairahkan bagi para penjual bensin eceran, karena logikanya, semakin banyak jumlah kendaraan, maka semakin tinggi juga kebutuhan bahan bakarnya.

Maka kalau hal ini dimanfaatkan dengan baik, akan bisa menjadi salah satu sumber penghasilan kita.

“Tertarik Untuk Membuka Usaha Pom Mini?”

Simak dulu beberapa hal penting di bawah ini :

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha Pom Mini / Pertamini

Modal

Modal adalah salah satu hal yang menjadi masalah mendasar bagi setiap calon pengusaha. Modal memang bukan hanya uang, bisa saja kepercayaan, kejujuran, keberanian, pengalaman dan lain sebagainya, tapi untuk membuka usaha bensin eceran dengan menggunakan pom mini, modal dalam bentuk uang ini sangat diperlukan.

Di awal, untuk membuka usaha ini, paling tidak kita harus mempersiapkan uang minimal 15 juta rupiah, dengan rincian :

  • 10-12 juta bisa kita gunakan untuk membeli alatnya (pom mini / pertamini 1 nozzle). Mengapa 1 nozzle, tidak 2 nozzle atau 3 nozzle? Alasannya sederhana, karena yang paling terjangkau untuk uang sebesar 10-12 juta adalah pom mini dengan 1 nozzle,
  • 1-2 juta bisa kita gunakan untuk membeli bahan bakar dengan jenis pertalite. Mengapa pertalite? Karena pertalite adalah jenis bahan bakar yang banyak digunakan oleh masyarakat / pengendara (kalau dulu umumnya menggunakan premium)
  • Sisanya bisa kita gunakan sebagai uang cadangan / dana tak terduga.

Alat

Alat di sini, tentunya bukan jerigen dan botol bekas, bukan juga corong. Alat yang dimaksud di sini adalah alat moderen yang telah banyak digunakan oleh para penjual bensin eceran di Indonesia, yang hanya dengan menekan tombol-tombolnya saja, bahan bakar bisa keluar sesuai dengan keinginan kita.

Apalagi kalau bukan pom mini / pertamini?

Alat ini mempunyai beberapa jenis / model yang biasanya dibedakan berdasarkan jumlah nozzle dan di mana posisi / tempat untuk penyimpanan tanki / drum.

Untuk Anda yang baru mau memluai usaha ini, sebaiknya menggunkan pom mini digital portable dengan 1 nozzle.

Alasannya, disamping harganya yang paling terjangkau, pom mini jenis ini juga bisa dengan mudah kita pindahkan, karena tanki penyimpanan bahan bakar disimpan di dalam box (bukan di dalam tanah), sehingga apabila di tempat kita membuka usaha ternyata sepi, kita bisa mencari tempat lain yang diharapkan lebih ramai.

Tempat / Lokasi

Lokasi / tempat kita membuka usaha merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi keberhasilan kita dalam usaha ini.

Maka perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum membuka usaha, apakah tempat yang akan kita gunakan mempunyai kondisi seperti berikut :

  • Ramai dengan pengendara tau tidak? Target market untuk usaha pom mini adalah para pengendara (motor/boli), tentu rampai tidaknya pengendara akan mempengaruhi tingkat penjualan bahan bakar kita.
  • Dekat dengan SPBU atau tidak? Jika lokasinya cukup jauh dengan SPBU, maka tempat tersebut bisa digunakanan, tapi jika kondisinya berdekatan dengan SPBU, maka jangan pernah membuka usaha pom mini di tempat tersebut, kecuali kalau niat Anda hanya untuk iseng-iseng / mengisi waktu luang.
  • Milik sendiri atau orang lain? Untuk Anda yang mempunyai keterbatasan modal, alangkah lebih baiknya jika menggunakan tempat milik sendiri terlebih dahulu, itupun kalau tempat Anda cukup ramai. Tapi kalau ternyata sepi dan Anda yakin tempat milik orang lain itu akan mendatangkan omset yang lumayan, maka tidak ada salahnya juga membuka usaha di sana, resikonya kita harus membaya biaya sewa setiap bulannya.

Operator

Operator adalah orang yang bertugas untuk mengoperasikan alat pertamini / pom mini. Kalau masih baru / pertama kali, kita bisa mengoperasikannya sendiri.

Tujuannya supaya kita tahu percis seperti apa cara kerjanya, tekhnik yang cocok untuk digunkana, kendala-kendala apa saja yang sering terjadi serta bagaimana cara menyelesaikannya.

Dengan begitu, suatu saat jika kita mempekerjakan seorang operator, kita bisa mengajari mereka karena kita sudah tahu semua hal tentan alat pertamin / pom mini ini.

Sehingga jika suatu saat terjadi kendala / masalah, kita sebagai pemilik usaha tidak perlu turun tangan, karena sudah diatasi oleh operator kita.

Perizinan

Memang telah beredar informasi bahwa usaha pertamini / pom mini ilegal, sehingga timbul keresahan dari para penjual yang menggunakan alat pertamini / pom mini.

Tapi kita tak perlu khawatir, karena setahu kami sampai saat ini dari sabang sampai merauke, belum pernah Ada usaha pom mini yang ditertibkan karena masalah perizinan dan sebagainya.

Namun demikian perizinan memang diperlukan untuk mengantisipasi, jika kedepannya ternyata ada undah-undang baru yang mengatur tentang hal ini.

Maka, minimal SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) diperlukan untuk berjaga-jaga supaya usaha kita tidak dianggap sebagai usaha yang ilegal.

Mengenai proses pembuatan SIUP, informasinya bisa kita peroleh dengan mudah melalui media internet.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum kita membuka usaha pom mini / pertamini.

“Semoga tulsan ini ada nilai manfaatnya!”

Nah, kalau Anda akan membuka usaha pom mini / pertamini, tapi belum mempunyai alatnya, silahkan hubungi kami dengan cara klik gambar di bawah ini.

Usaha Pom Mini / Pertamini

Leave a Comment

×