Usaha Pertamini / Pom Mini

Sebelum membahas tentang usaha pertamini / pom mini, ada satu pertanyaan yang menjadi pembukaan pada artikel perdana kali ini.

“Apakah anda pernah mengalami kejadian yang kurang menyenangkan?”

Misalnya anda sedang di perjalan, kemudian tiba-tiba motor yang anda kendarai mati mendadak dan setelah dicek ternyata kehabisan bensin. Padahal posisi anda saat itu sedang ada di daerah pedesaan dimana keberadaan SPBU sangat langka yang menjadikan anda kesulitan untuk mengisi bahan bahan bakar.

Hanya dengan membayangkannya, tentu saja siapapun tidak akan pernah mau mengalaminya, termasuk anda. Tapi dari kejadian tersebut juga sebenarnya kita bisa melihat sebuah peluang yang menjanjikan.

 

 

“Peluang apakah itu?”

Kalau cukup jeli dalam melihat peluang ini, maka usaha pertamini / pom mini akan terbersit dalam fikiran anda saat ini, betul?

Nah, pertanyaan yang kemudian akan timbul adalah

“Bagaimana cara kita memulai usaha pertamini / pom mini ini? Dan berapa beanyak modal yang diperlukan untuk memulainya.”

Gunakan Pom Mini Sebagai Alat Di Dalam Usaha Pertamini / Pom Mini

Dulu, biasanya orang-orang menjual bensin eceran dengan menggunakan alat seadanya, seperti jerigen, botol-botol bekasa (plastik dan kaca) yang disusun rapi pada sebuah rak yang dibuat sendiri dengan menggunakan bahan dari kayu atau bambu, tak lupa juga lengkap dengan corong besar sebagai alat bantu ketika menuangkan bahan bakar ke dalam tanki bahan bakar pada kendaraan.

Karena sekarang trennya sudah muali berubah, akan lebih baik jika kita membuka usaha pertamini dengan menggunakan alat berupa pom mini atau sering juga disebut dengan pertamini.

Dengan begitu jualan kita akan terlihat lebih profesional dan tentunya lebih menarik perhatian.

 

usaha pertamini pom mini

 

Siapkan Modal

Meskipun modal tidak melulu tentang uang, tapi tetap saja uang sangat diperlukan dan sukar untuk ditiadakan ketika memulai sebuah usaha tak terkecuali usaha pertamini. Untuk memulai usaha pertamini dengan menggunakan alat ini paling tidak kita memerlukan modal berupa uang sekitar 10 – 15 juta. Angka yang belum pasti karena biasanya harga alat ini bermacam-macam

Membuka Usah Pertamini di Lokasi yang Jauh Dengan SPBU Petamina

Kalau masalahan mengenai modal yang belum memadai, maka anda bisa mulai membuka usaha pertamini ini di depan rumah. Tapi jika keuntungan yang lebih besar yang anda inginkan dan modal bukan masalah, maka akan lebih baik jika kita membuka usaha pertamini di lokasi yang berjauhan dengan SPBU dan ini biasanya terletak di daerah pedesaan atau daerah terpencil tapi banyak dilalui oleh kendaraan

Jujur, Hanya Menjual Bensin Murni

Jangan pernah sekali-kali menjual bensin oplosan, untuk sesaat memang keuntungannya lumayan, tapi anda tidak akan mendapatkan kepercayaan dari para pembeli, yang ada hanya akan merusak nama baik anda. Jadi jika anda menginginka usaha pertamini yang bertahan lama, maka “JUJUR” dengan hanya menjual bensin murni

Jual Bensin Dengan Harga Yang Normal

Walaupun bensin yang anda jual ternyata banyak dibutuhkan oleh para pembeli, karena lokasi SPBU pertamina yang terlalu jauh. Jangan lantas dijadikan sebagai alasan anda untuk menjual bensin dengan harga yang tidak normat (terlalu tinggi). Keuntungan Rp 1000,- per / liter rasanya sudah cukup.

Membuat Surat Perizinan

Banyak orang mengira bahwa untuk berjualan bensin eceran kita memerlukan surat izin dari, padahal tidak perlu sama sekali. Kalaupun anda mencoba untuk memintanya kepada SPBU, mereka akan bingun karena faktanya SPBU bukanlah lembaga yang mengeluarkan surat perizinan.

Justru untuk membuka sebuah SPBU mereka yang memerlukan surat izin yang tentunya dengan proses yang rumit dan memerlukan waktu yang cukup lama.

Kalaupun perlu, kita bisa meminta surat izin dari RT & RW, kalau mau lebih meyakinkan anda bisa membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) karena usaha pertamini yang akan anda lakukan adalah usaha perdagangan.

Itulah hal-hal yang perlu disiapkan untuk membuka usaha pertamini ini. Semoga bisa memberikan sedikit gambaran dan bermanfaat untuk anda yang berencana untuk membuka usaha ini

Nah, sekarang mungkin ada yang bertanya-tanya tentang pom bensin mini atau pertamini ini, dari mana asalnnya? ko bisa menyebar sampai kemana-mana.

Sedikit Bahasan Tentang Pertamini / Pom Mini

Apa yang akan kita pikirkan jika kita mendengan kata pertamini, tentu yang akan terbersit dalam pikiran kita adalah Pertamini, slah satu BUMN yang bergerak dalam bidang Migas. Pertanyaan yang kemudian timbul adalah, ada hubungan apa diantara keuda nama ini (Pertamini dan Pertamina)

Percayalah, bahwa pertamini bukanlah salah satu cabang atau anak perusahaan dari Pertamina. Meskipun dari segi penampakannya terlihat seperti sama (bentuk, warna dan tulisan), tapi kalau kita lihat lebih teliti, itu hanya penjual bensin eceran yang menggunakan alat yang mirip dengan alat yang ada di SPBU tapi dalam bentuk yang lebih kecil / mini.

Entah kapan mulai adanya pertamini / pom mini ini, yang pasti beberapa tahu belakangan ini pom mini sudah menyebar dimana-mana. Tapi bisa diperkirakan bahwa pertama kali kemunculannya itu sekitar tahun 2010an.

Dibuat oleh anak bangsa (entah siapa) yang mempunyai kreatifitas yang tinggi dan jeli dalam melihat peluang yang cukup menjanjikan.

Lahirlah Pom Bensin dalam bentuk yang kecil / mini sehingga disebutlah sebagai pom mini / pertamini.

Mungkin awalnya ini terlihat seperti main-main saja (tidak serius), tapi setelah digunakan, ternyata alat ini cukup membantu dan cukup mendapatkan perhatian dari orang-orang. Dari sinilah, pertamini mulai menyebar ke seluruh wilayah Indonesia.

Usaha Pertamini / Pom Mini

Leave a Comment

×