Bagaimana Cara Membuka Usaha Pertamini Legal ?

Sebelum membuka usaha pertamini legal, tentunya hal pertama yang diperlukan dan harus dipersiapkan adalah alatnya, yaitu alat pertamini / pom mini.

Kabar baiknya Anda tak perlu bingung mencarinya ke mana-mana, karena kami menyediakannya di sini :


Bagaimana Cara Membuka Usaha Pertamini Legal ?

Berjualan bensin secara eceran adalah salah satu usaha yang bisa cocok dijalankan oleh siapa saja dan dari latar belakang apapun, mulai dari karyawan, ibu rumah tangga, pensiunan, mahasiswa, bahkan sampai pengangguran.

Cocoknya usaha ini untuk dijalankan oleh siapapun tidak lepas dari alatnya yang moderen dan mempermudah pekerjaan manusia, terutama para penjual bensin eceran , dimana alat ini baru muncul beberapa tahun belakangan.

Namanya Pertamini atau disebut juga dengan Pom Mini / Pom Bensin Mini.

Alat yang sudah tersebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia, bukan hanya di wilayah perkotaan saja tapi sampai wilayah pedesaanpun jumlahnya cukup banyak.

Keberadaannya benar-benar membantu banyak orang, bukan hanya para penjualnya saja tapi ada banyak sekali para pengendara yang terbantu dengan adanya alat ini, terutama para pengendara yang tinggal atau sekedar lewat di daerah yang jauh dari Pom Bensi / SPBU dan daerah ini biasanya ada di pedesaan.

Awal kemunculan alat ini cukup asing di masyarakat, bahkan banyak penjual bensin eceran yang tidak tertarik untuk menggunakan alat ini.

Hal tersebut berubah setelah mereka mengetahui bahwa penjual bensin yang menggunakan alat tersebut mengalami pengingkatan omset yang cukup signifikan.

Dari sinilah mulai banyak penjual bensin eceran yang tertarik untuk menggunakannya.

usaha pertamini legal
Usaha Pertamini Legal

Tertarik juga unutk membuka usaha ini?

Jangan tergesa-gesa! Untuk memulai sebuah usaha, baik usaha dalam sekala besar maupun usaha dalam sekala yang kecil, akan tetep memerlukan perencanaan terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu direncanakan dan dipersiapkan sebelum membuka usaha pertamini Digital :

Modal

Usaha Pertamini Legal

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha adalah modal, meskipun modal usaha tidak hanya dalam bentuk uang, tapi tetap ini sangat dibutuhkan.

13 – 15 juta adalah angka minimal yang cukup untuk mulai membuka usaha ini, sebagian besar digunakan untuk membeli alat pertamini / pom mini, sebagian lainnya bisa digunakan untuk membeli bahan bakar yang nantinya akan dijual kembali dan kalau masih ada sisa, bisa digunakan sebagai dana cadangan.

Modal yang akan digunakan untuk membuka usaha ini tidak mesti dari uang pribadi. Memang akan lebih baik jika menggunakan uang pribadi, tapi bisa juga menggunakan modal dari investor.

Caranya, ajak saudara atau teman untuk bekerja sama. Satu pihak sebagai pemilik modal dan pihak yang satunya lagi sebagai pelaksana.

Untuk pembagian hasil bisa disesuaikan berdasarkan kesepakatan sebelum menjalankan usahanya, hal ini akan lebih baik jika ada “hitam diatas putih” guna menghindarai / meminimalisir perselisihan di masa yang akan datang.

Lokasi

Usaha Pertamini Legal

Lokasi menjadi salah satu faktor yang menentukan berhasil / tidaknya usaha offline. Karena usaha pertamini adalah usaha offline, maka penting sekali untuk mencari lokasi yang strategis.

Beberapa kriteria ini bisa dipilih sebagai lokasi yang nantinya akan digunakan untuk usaha pertamini :

  • Jauh dari SPBU, ini penting karena jika lokasi usaha dekat dengan SPBU maka para pengendara akan lebih memilih mengisi di SPBU karena harganya pasti lebih murah
  • Di pinggir jalan raya, namanya juga jalan raya, pastinya akan ada banyak sekali kendaraan yang melintas, baik motor maupun mobil
  • Dilalui oleh banyak kendaraan, meskipun lokasinya bukan di jalan raya, tapi layak juga digunakan jika memang banyak dilalui oleh kendaraan
  • Akan lebih baik jika lokasinya berdekatan dengan perkantoran, pabrik atau sekolahan dimana akan ada banyak sekali orang yang menggunakan kendaraan terutama motor

Alat Pertamini / Pom Mini

Usaha Pertamini Legal

Setelah modal siap dan lokasi sudah ditentukan, maka langkas selanjutnya adalah menyiapkan alatnya, yaitu alat pertamini / pom mini.

Ada banyak jenis pertamini yang beredar di pasaran, mulai dari pertamini yang hanya memiliki 1 nozzle, hingga pertamini yang memiliki 4 nozzle.

Ada pertamini yang tankinya diletakan di dalam box dan ini biasanya disebut sebagai pertamini portable, ada juga pertamini yang tankinya disimpan di dalam tanah dan ini biasanya disebut sebagai pertamini non portable.

Pilih pertamini / pom mini yang cocok dengan berapa banyak modal yang disiapkan dan lokasi seperti apa yang digunakan.

Untuk awal-awal akan lebih baik jika menggunakan pertamini dengan jenis portable yang hanya memiliki 1 nozzle, karena jenis ini dibandrol dengan harga yang paling murah, selain itu pertamini jenis ini sangat mudah untuk dipindahkan, sehingga jika ternyata di lokasi tersebut sepi pembeli, alat pertamin bisa dipindahkan ke lokasi yang lebih strategis.

Surat Izin

Usaha Pertamini Legal

Belum ada aturan resmi tentang penjualan bensin eceran serta penggunaan alat pertamini, sehingga usaha ini belum dikatakan sebagai usaha legal, namun tidak bisa juga dikatakan sebagai usaha ilegal.

Faktanya, penggunaan alat ini sudah menyebar ke sebagian besar wilayah Indonesia dan banyak sekali masyarakat yang merasakan manfaatnya. Mulai dari meningkatkan kesejahteraan para penjual bensiin eceran hingga penyebaran bahan bakar yang lebih merata hingga ke pelosok-pelosok.

Artinya secara tidak langusang, adanya alat pertamini membantu pekerjaan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Meskipun demikian, SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) diperlukan untuk menjalankan usaha ini, guna menghindari masalah yang mungkin saja timbul di masa yang akan datang.

Dengan adanya surat izin ini, paling tidak usaha kita termasuk ke dalam usaha yang resmi dan pemerintah tidak bisa seenaknya menutup usaha yang telah memiliki izin.

Mengenai cara / langkah-langka pembuatan surat izin usaha ini, informasinya bisa dicari melalui internet. Memang tidak mudah, namun masih tetap bisa dilakukan, asal kita mau belajar.

Nah itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mulai membuka usaha pertamini legal. Sederhana memang, tapi ini sangat penting untuk keberhasilan sebuah usaha, apapun usahanya, termasuk usaha ini.

Usaha Pertamini Legal

Leave a Comment

×