Peluang Usaha Bensin Eceran

Ingin membuka usaha bensin eceran dengan menggunakan pertamini / pom mini? Tapi tidak tahu dimana harus membelinya? Terus takut juga ditipu, jangan-jangan nanti setelah melakukan pembayaran, alatnya gak kunjung dikirim.

Hampir semua orang yang mau membuka usaha bensin eceran, merasakan juga apa yang sedang Anda rasakan, tapi kami yakin, kehawatiran Anda akan hilang setelah Anda mendapatkan alat pertamini / pom mini dari kami.


Banyak hal yang dulunya tidak terpikirkan sama sekali, sekarang telah menjadi usaha / bisnis yang menggiurkan.

Contohnya saja Go-jek, dulu sebelum pengguna internet belum sebanyak sekarang, tidak ada yang berpikir bahwa sebuah jasa transportasi umum bernama ojek bisa dionlinekan, tapi sekarang Go-jek telah mendominasi Indonesia untuk jasa transportasi berbasis aplikasi android.

Bukan hanya Go-jek, masih ada banyak usaha, baik dalam bidang jasa maupun produk yang booming yang dulunya tidak terpikirkan sama sekali.

Memang sebagian besar usaha-usaha tersebut berbasis online atau menggunakan internet sebagai media pendukungnya.

Tapi saat ini ada juga usaha offline (tanpa internet) yang cukup booming di Indonesia, usahanya sederhana, produk yang dijualnya adalah produk umum yang tidak aneh, apalagi unik.

Usaha Bensin Eceran

Betul, ini adalah usaha yang bergerak dalam bidang penjualan bahan bakar secara eceran dan biasanya disebut dengan bensin eceran.

Dari dulu, usaha bensin eceran memang sudah ada dan sudah tidak aneh lagi, terutama di daerah-daerah pedesaan yang cukup jauh dari SPBU.

Tidak terlalu sulit untuk menemukan penjual bensin eceran ini, karena usaha ini mempunyai ciri khas, seperti penggunaan botol-botol bekas yang disusun pada rak sederhana, bukan hanya botol bekas, sebagian bahkan ada yang menggunakan jerigen.

Ciri khas tersebutlah yang membuat penjual bensin eceran tidak terlau sulit untuk ditemukan, dari kejauhanpun kita akan tahu apakah itu penjual bensin eceran atau bukan.

Keberadaannya membantu banyak sekali masyarakat terutama para pengendara yang tinggal di tempat yang cukup jauh dengan SPBU. Memang harganya lebih tinggi dari yang dijual oleh SPBU, tapi hal tersebut tidak menjadi masalah, dari pada harus membeli bensin jauh-jauh menghabiskan waktu, mendingan di sini saja, meskipun lebih mahal sedikit, hitung-hitung membeli waktu.

Apakah usaha ini masih masih bagus dan masih menguntungkan untuk dijalankan saat ini?

Prospek Usaha Bensin Eceran

Bahan bakar / bensin adalah salah satu kebutuhan yang cukup vital di zaman yang sebagian besar aktifitasnya tidak bisa terlepas dari alat transportasi seperti sekarang ini.

Tanpa bahan bakar, semua kendaraan hanyalah tumpukan logam / besi rongsokan yang tidak ada manfaatnya.

Itulah kenapa bahan bakar termasuk ke dalam kebutuhan yang vital, apalgi sekarang, dimana jumlah kendaraan mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Artinya kebutuhan masyarakat akan bahan bakarpun ikut meningkat seiring dengn meningkatnya jumlah kendaraan.

Kondisi seperti inilah yang membuat usaha bensi eceran menjadi salah satu usaha offline yang mempunyai prospek yang sangat baik dan berpotensi menguntungkan.

Terlebih usaha ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan, bahkan jika menggunkana alat khusus yang nanti akan dibahas, usaha ini bisa dijadikan sebagi usaha utama atau sumber penghasilan utama

Peralatan Asa Saja Yang Diperlukan Untuk Membuka Usaha Bensin Eceran

Usaha bensin eceran bisa dijalankan dengan 2 cara, yaitu cara tradisional dan cara moderen, berikut ini adalah alat-alat yang diperlukan untuk menjalankan usaha ini :

Cara Tradisional

Cara ini sangat sederhana sekali dan memang ini adalah cara yang sudah biasa dilakukan oleh para penjual bensin eceran dari dulu. Hanya dibutuhkan botol-botol bekas / jerigen bekas dan corong untuk memulai dengan cara ini, modalnya relatif kecil dan sebenarnya hampir setiap orang bisa melakukannya

Cara Moderen

Nah ini adalah cara baru di dalam berjualan bensin eceran yang baru muncul pada tahun-tahun terakhir ini. Berjualan bensin eceran dengan cara ini memerlukan alat moderen bernama pom mini / ada juga yang menyebutnya dengan pertamini.

usaha bensin eceran

Penggunaan alat inilah yang membuat bensin eceran bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama dan sudah banyak orang yang membuktikannya.

Selain itu, penggunaan alat ini sangat membantu sekali karena mempermudah pekerjaan di dalam berjualan bensin eceran, bagaimana tidak, dengan menggunakan alat ini tidak ada lagi yang namanya proses penakaran seliter demi seliter kemudian dimasukan ke dalam botol bekas.

Bahan bakar yang dibeli dari SPBU tingaal dimasukan ke dalam tanki penampungan bahan bakar yang biasanya mempunyai kapasitas antara 200 – 400 liter. Ketika ada konsumen  yang akan membeli bahan bakar, tinggal tekan tombolnya maka bahan bakar akan keluar dengan volume sesuai dengan tombol yang ditekan

Modal Yang Diperlukan Untuk Membuka Usaha Bensin Eceran

Modal adalah hal yang paling banyak dibicarakan sebelum membuka sebuah usaha, tak terkecuali usaha bensin eceran.

Modal yang diperlukan untuk membuka usaha ini relatif, bisa kecil bisa juga besar, tergantung cara mana yang kita gunakan.

1 juta rupiah adalah angka yang sudah cukup untuk membuka usaha ini, tapi dengan cara tradisional, yaitu cara berjualan bensin eceran dengan hanya menggunakan botol / jerigen bekas dan corong saja.

Sementara untuk cara yang lebih moderen, diperlukan modal yang lebih tinggi dari cara tradisional, karena biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli alatnya lumayan tinggi.

Paling tidak diperlukan modal antara 12 – 15 juta rupiah untuk memulai usaha ini, dan sebagian modal tersebut dipergunakan untuk menyiapkan pertamini / pom mini, sedangkan sisanya bisa digunakan untuk membeli bahan bakar atau bisa juga digunakan sebagai dana cadangan.

Apa Usaha Ini Menguntukan? Berapa Keuntungannya?

Usaha/ Bisnis bukanlah pekerjaan sebagai karyawan yang mempunyai penghasilan tetap setiap bulannya. Kalau ditanyakan apakah usaha ini menguntungkan / merugikan, maka jawabannya adalah relatif (bisa menguntungkan, bisa merugikan) dan hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Kalau kita lihat dari peroduknya, yiatu bensin yang merupakan produk yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, maka usaha ini relatif menguntungkan, selama setiap kendaraan masih menggunakan bahan bakar minyak / bensin dan selama kita berjualan di tempat yang tepat.

Lalu, berapa keuntungan yang akan didapatkan jika kita membuka usaha bensin eceran?

Sekali lagi, ini bukan pekerjaan seorang karyawan sehingga hasilnya tidak akan selalu sama, mungkin hari ini mendapatkan hasil 100 ribu, tapi mungkin besok bisa mendapatkan hasil sebesar 1 juta.

Sebagai gambaran, kita buat ilustrasi dengan penghasilan yang kecil saja. Misal dalam 1 hari, kita hanya bisa menjual bensin sebanyak 100 liter, sementara kita mengambil keuntungan sebesar Rp 1.000,- per liter,  maka keuntungan yang akan di dapatkan pada hari itu adalah sebesar Rp 100.000,-

Itu baru ilustarsi dengan sedikit penjualan, banyak para penjual bensin eceran yang bisa menjual bensin lebih dari 100 liter setiap harinya, nah tinggal dikalikan saja berapa keuntungan yang nantinya akan didapatkan

Kelebihan Usaha Bensin Eceran

  • Produknya adalah produk yang vital yang sangan dibutuhkan oleh banyak masyarakat, terutama para pemilik kendaraan baik motor maupun mobil
  • Tidak diperlukan keahlian khsusu untuk membuka usaha ini, siapapun bisa melakukannya, asal punya keinginan dan minat untuk memulainya. Lagipula usahanya simpel, hanya perlu membeli bensin dari SPBU, lalu menjualnya kembali dengan menaikan harganya sedikit sebagai keuntungan.
  • Bisa dijadikan sebagai usaha sampingan. Untuk karyawan yang tentunya mempunyai waktu yang terbatas, tentu akan kesulitan jika disambil dengan membuka usaha, tapi dengan usaha ini keduanya bisa berjalan, kita masih bisa tetap menjalankan aktifitas sebagai karyawan, usaha kitapun bisa tetap berjalan dengan mempekerjakan seorang operator.
  • Bisa juga digunakan sebagai usaha utama / sumber penghasilan utama. Banyak orang yang sudah melakukannya dan rata-rata hasil yang didapatan dari usaha sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya setiap hari. Itu baru satu lokasi, kalau usahanya dijalankan di beberapa lokasi maka bayangkan berapa keuntungan yang akan didapatkan setiap harinya, sehingga usaha ini bisa dijadikan sebagai usaha utama / sumber penghasilan utama

Setiap usaha mempunyai potensi untuk memberikan keuntungan yang lumayan, tapi setiap usaha juga mempunyai resiko kerugian yang ditakutkan.

Kita tidak akan tahu apakah sebuah usaha (termasuk usaha bensin eceran) bisa memberikan keuntungan atau malah mendatangkan kerugian bagi kita sebelum benar-benar kita jalani. So, jalani saja, mana tahu ini adalah jalan rezeki bagi kita.

Leave a Comment

×