Cara Kerja Bio Septic Tank

Sebenarnya cara kerja Bio Septic Tank ini cukup sederhana. Tapi, meskipun sederhana, ini sangat bermanfaat sekali untuk mencegah / mengurangi tingat pencemaran lingkungan.

cara kerja bio septic tank
Cara Kerja Bio Septic Tank

Sebelum mengetahui bagaimana cara kerjanya, mungkin ada diantara Anda yang belum tahu tentang alat ini dan mungkin bertanya-tanya.

“Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Bio Septic Tank?”

“Apakah sama dengan septic tank yang kita tahu selama ini?”

“Kalau berbeda, bagaimana cara kerjanya?”

Pernahkah anda membayangkan ke mana perginya (maaf) poop atau kotoran setelah kita buang air besar di toilet?

Orang yang normal pasti akan menjawab septic tank, kecuali anda adalah orang yang tinggal di pedalaman hutan, dan Anda bisa dengan bebas buang hajat dimana saja, maka mungkin jawaban yang akan keluar adalah sungai.

“Apakah Anda tahu, jika menampung kotoran di dalam sebuah septic tank biasa bisa mencemari lingkungan?”

dan

“Apakah anda tahu, bahwa saat ini ada inovasi baru berupa septic tank yang mampu menguraikan tinja dalam waktu yang sangat cepat?”

Berbeda dengan septic tank konvensional yang hanya berfungsi untuk menampung tinja saja, tanpa adanya pengolahan yang baik untuk menguraikan limbah tinja menjadi tidak berbahaya.

Ini adalah perbedaan antara Septic Tank Konvensional dengan Bio SepticTank

Mungkin selama ini kita tidak menyadari bahwa penggunaan septic tank konvensional ternyata mencemari lingkungan.

Kenapa demikian?

Pada dasarnya septic tank itu berupa lubang yang dibuat dengan cara menggali tanah dengan kedalaman tertentu, dimana lubang ini berfungsi sebagai tempat untuk menampung limbah (tinja dan urin).

Karena terbuat dari tanah, maka tinja yang ditampung tersebut bisa meresap / merembes ke dalam tanah, sehingga air tanah / air sumur tercemar karenanya.

Itulah yang menjadi alasan selama ini, kenapa septic tank tidak boleh dibuat berdekatan dengan sumur air, sebab jika berdekatan maka tak bisa dihindari bawha akan terjadi pencemaran terhadap air tanah / air sumur.

Ketika terjadi pencemaran, maka air tanah tersebut akan berubah warnanya, serta akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, sehingga air yang sangat diperlukan untuk kehidupan sehari-hari tersebut menjadi tidak layak untuk digunakan.

Septic Tank Konvensional

Pada septic tank konvensional, yaitu septic tank yang selama ini kita tahu. Baik dinding maupun dasarnya terbuat dari tanah. Hal inilah yang menyebabakan terjadinya pencemaran, karena tinja dan urin yang ditampun di dalamnya bisa meresap dan mengotori ari tanah.

Bio SepticTank (Septic Tank Yang Ramah Lingkungan)

Mengapa Bio SepticTank in dikatakan ramah lingkungan? Hal ini tidak terlepas dari proses pengolahan limbahnya, dimana bakteri dan media cell digunakan sebagai alat untu mempercepat pengolahan tinja menjadi cari dan tidak berbau, sehingga aman-aman saja untuk air tanah

Keunggulan Bio SepticTank

Bio SepticTank mempunyai daya tahan yang cukup lama, karena biasanya bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah fiber yang cukup kuat, anti karat dan anti pecah. Dengan bahan fiber terebut, sebuah bio septictank bisa bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

Kapasitas Bio SepticTank juga bermacam-macam ada yang 1 kubik, 2 kubik, 3 kubik dan setersunya, bahkan ada yang lebih besar da

Selain daya tahannya yang luar biasa, cara pemasangannyapun lebih mudah dibandingkan dengan  septic tank yang terbuat dari beton.

Dalam pembuatan septic ton dari beton, diperlukan waktu yang cukup lama dan pekerjaan yang lebih komplek.

Sedangkan dalam pemasangan Bio SepticTank, kita hanya perlu membuat sebuah lubang di dalam tanah dengan ketinggian dan lebar disesuaikan dengan besar dari septic tank tersebut.

Kalau pembuatan lubannya di lahan terbuka (misal taman), maka tak perlu memerlukan konstruksi beton.

Tapi jika lubang dibuat di dalam ruangan, atau di bawah garasi, maka konstruksi beton diperlukan demi keamanan.

Bagaimanan Cara Kerja Bio septic tank ini?

  • Limbah (tinja dan urin) ditampung ke dalam Bio SepticTank
  • Di dalam Bio SepticTank ini, limbah diuraikan dengan bakteri khusus yang bisa menguraikan limbah dengan cepat. Kalau dengan cara biasa, proses penguraian ini memerlukan waktu yang lumayan lama
  • Bakteri khusus ini merubah limbah yang padat menjadi cari
  • Limbah yang sudah berbentuk cari ini, kemudian disaring dengan sistem penyaringan / filtrasi, sehingga carian yang berasal dari tinja tersebut aman untuk dibuang dan ini tidak akan mengotori lingkungan

Cara Kerja Bio Septic Tank

Leave a Comment

×