Bio SepticTank

Bio SepticTank – Kesehatan dan kebersihan di lingkungan tempat kita tinggal sudah semestinya kita pelihara dengan baik, akan tetapi menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah kita dari pencemaran lingkungan tidak semudah yang kita bayangkan.

Salah satu pencemaran yang biasanya terjadi di lingkungan rumah adalah pencemaran tinja, kalau tidak dikelola dengan baik maka air tanah yang biasanya kita gunakan untuk kebutuhan rumah tangga (mandi, mencuci pakaian, mencuci piring, minum dan lain sebagainya) akan tercermar, warna dan baunya mungkin akan berubah dan tidak layak untuk digunakan.

Tapi tetap saja masih ada banyak orang yang belum menyadari atau bahkan kurang memperhatikan hal ini karena mungkin menganggapnya bukan masalah yang berarti, padahal faktanya ini akan menjadi masalah jika terus dibiarkan begitu saja.

Dari dulu kita semua tahu bahwa aturan pembuatan dari septic tank adalah “tidak boleh dibuat di dekat sumur air”.

Kenapa begitu?

Inilah masalahanya, jika kita membuat septic tank biasa di dekat sumur air, maka tinja yang ditampung di dalam septic tank tersebut akan meresap ke dalam tanah yang mengaikbatkan air yang ada dalam sumur tersebut tercemar, warnanya berubah dan berbau.

Kalau sudah begitu air yang tercemar oleh tinja tidak layak dan berbaya jika digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Solusi dari permasalahan ini adalah mengenai septic tank.

Apakah septic tank yang biasa dari dulu kita gunakan sudah aman?

Jelas tidak aman, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan menggunakan septic tank biasa, air tanah akan tercemar.

Maka dari itu, diperlukan septic tank yang ramah lingkungan, yaitu septic tank yang mempunyai tekhnologi baru yang ramah dengan lingkungan, dengan begitu lingkungan akan terjaga dan pada akhirnya akan memberikan kenyamanan serta kesehatan kitapun akan senantiasa terjaga.

Bio SepticTank Yang Ramah Lingkungan

Kami faham bahwa jika dibiarkan, semakin lama masalah ini akan menjadi semakin mengkhawatirkan dan kami peduli akan hal ini.

Karena kami peduli, maki kami membuat sebuah septic tank modern dengan tekhnologi yang mampu mengolah / mengurai limbah tinja sehingga tidak akan mencemari lingkungan lagi, artinya septic tank ini ramah lingkungan. Septic tank dengan tekhnologi ini kita sebut dengan Bio SepticTank.

bio septictank

Bio SepticTank ini dibuat dengan bahan baku berupa fiberglass dengan kualitas tinggi dengan bentuk yang khusus (tergantung dengan kapasitasnya) , berwarna biru, terlihat mengkilap dan licin.

Fiberglass yang berkualitas ini mempunyai daya tahan yang sangat lama, anti pecah dan tahan dengan korosi (karat).

Jadi meskipun septic tank ini disimpan di dalam tanah, kita tidak perlu khawatir akan cepat rusak, dengan keunggulan-keunggulan tadi, septic tank ini bisa bertahan lama, bahkan hingga puluhan tahun lamanya.

Tekhnologi Yang Digunakan Di Dalam Bio SepticTank

Media biofilter anaerob adalah tekhnologi yang digunakan di dalam Bio SepticTank sebagai sistem pengolahan limbah tinja. Biofilter ini terdiri dari dari 2 bagian, yaitu media bioball dan media honeycomb.

Bioball adalah alat mempunyai bentuk menyerupai sebuah bola, bioball ini digunakan sebagai tempat tumbuhnya lapisan film dari mikroorganisme.

Sedangkan honeycomb adalah tempat terjadinya proses penguraian bahan-bahan organik yang ada di dalam limbah tinja, dimana penguraian ini menggunakan bantuan dari salah satu jenis bakteri anaeron.

Sejenis desinfektan digunakan di dalam sistem desinfeksi Bio SepticTank untuk membunuh berbagai kuman patogen yang ada di dalamnya. Untuk menjaga supaya sistem ini berjalan dengan baik maka diperlukan pengisian desinfektan secara rutin setiap setahun sekali

Cara Pemasangan Bio SepticTank

Untuk pemasangannya tidak terlalu rumit dan merepotkan, bahkan terbilang cukup mudah. Kita hanya perlu membuat sebuah lubang dengan kedalaman yang disesuaikan dengan tinggi dari septic tank dan ditambah sekitar 50 cm, lalu masukan Bio SepticTank ke dalamnya.

Setelah dimasukan, kemudian sambungkan pipa yang tersambung dengan Kloset dengan bagian inlet pada septictank. Terakhir, sambungkan pipa pembuangan dengan bagian outlet pada septictank.

Kalau kita membuat lubangnya di bawah garasi mobil maka diperlukan konstuksi beton bertulang supaya aman, sedangkan jika kita membuat lubangnya di taman, konstruksi beton tidak diperlukan lagi.

Selain ditanam di dalam tanah dan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, Bio SepticTank ini juga bisa dikombinasikan dengan toilet portable yang biasanya digunakan di tempat-tempat umum yang jauh dari toilet umum atau untuk keadaan darurat ketika terjadi bencana alam di tempat pengungsian.

Tips-tips Memilih Bio SepticTank

Tak dipungkiri bahwa saati ini ada banyak produsen Bio SepticTank dengan merk yang brmacam-macam. Dari banyaknya produsen tersebut, ada yang menjual Bio SepticTank dengan harga yang sangat murah.

Dengan harga yang murah tersebut, kita mesti hati-hati ketika akan membeli sebuah septictank, karena boleh jadi dengan harga yang murah tersebut sistem pengolahan limbahnya tidak dibuat dengan baik (asal-asalan).

Sistem pengolahan yang dibuat dengan asal-asalan akan berakibat pada proses pengolahan limbah yang tidak sempurna, sehingga hasil pengolahan limbah yang dikeluarkan masih berbau dan ini sama saja dengan septictank pada umumnya (tidak ramah lingkungan)

Perusahaan yang memperoduksi Bio SepticTank yang kami pasarkan adalah perusahaan profesional yang mempunyai badan hukum, artinya perusahaan ini adalah perusahaan resmi yang mampu menjamin setiap produk septictank yang anda pesan akan anda terima dalam kondisi yang baik.

Selain itu, perusahaan ini sangat memperhatikan kualitas dari septictank yang diproduksinya. Kalau tidak mempunyai kualitas yang baik atau kalau terdapat kerusakan/kecacatan makan produk tersebut tidak akan kami pasarkan.

Dengan kulitas yang baik ini, maka sistem pengolahan limbahnyapun akan berjalan dengan baik, sehingga dapat dipastikan bahwa septictank yang kami pasarkan ini ramah lingkungan.

Leave a Comment

×